Thursday 20 June 2013

Buah Penambah Darah
Anemia atau kurangnya darah pada tubuh biasanya cenderung terjadi pada orang yang vegetarian dan orang yang sering kali kehilangan darahnya gara-gara menstruasi/haid. Anemia ini mempunyai dampak kepada penderitanya berupa sering mengantuk dan mudah lelah.
Penyebab anemia atau kurang darah adalah kurangnya suatu zat di dalam tubuh yang berguna sebagai bahan utama pembentukan hemoglobin yang bertujuan membawa oksigen. Nama zat tersebut adalah zat besi. Jika zat besi di dalam tubuh rendah, otomatis akan membuat produksi sel darah merah menjadi sedikit juga. Artikel kali ini akan memberikan berbagai macam buah penambah darah yang sangat direkomendasikan buat penderita anemia

Oleh karena itu, penderita anemia biasanya dianjurkan untuk selalu rutin mengkonsumsi penambah darah paling tidak sekali dalam satu hari. Selain dari suplemen penambah darah, kurang darah ini dapat juga diatasi dan diobati dengan memakan buah penambah darah. Cukup banyak buah penambah darah seperti:
  1. Buah semangka, plum, jeruk, mangga, aprikot. Buah-buahan tersebut merupakan buah yang mengandung vitamin A. Vitamin A ini selain bagus untuk mata, juga dapat menggerakan zat besi untuk nantinya ditujukkan pada hemoglobin, yang akhirnya terdapat oksigen yang diangkut oleh pigmen (baca; hemoglobin) tersebut.
     
  2. Buah melon, nanas, pisang, alpukat, delima, dan kurma. Kandungan vitamin B kompleks dalam buah-buahan tersebut berperan penting dalam memproduksi sel darah merah yang nantinya akan disebar sebagai cadangan makanan dalam tubuh.
     
  3. Buah jeruk, mangga, lemon, dan nanas. Buah-buahan ini mengandung vitamin C yang artinya atas jasa vitamin C ini dua per tiga zat besi dapat diserap oleh tubuh ke dalam tubuh.
     
  4. Buah-buahan seperti buah alpukat, ceri, anggur, blackberry, semangka, ara, raspberry, plum, dan anggur. Buah-buahan ini adalah buah yang mengandung zat besi. Seperti yang telah dikatakan tadi, zat besi adalah zat yang paling penting sebagai pembentuk sel darah merah karena zar besi ini dapat mengikat oksigen.

Selain buah-buah yang telah disebutkan di atas, ada satu buah penambah darah yang lain yang dapat dikategorikan sebagai buah yang efektif untuk mengatasi anemia. Buah tersebut adalah buah naga. Mengapa buah naga ini dapat dikategorikan sebagai buah penambah darah?

Buah naga atau buah yang dikenal dengan dragon fruit di negara-negara Eropa ini merupakan buah yang tergolong dari jenis kaktus. Buah naga yang penampilannya eksotis ini dikatakan memiliki manfaat yang cukup banyak oleh para pakar. Manfaat yang terkandung dalam buah naga adalah dapat membantu menurunkan kolestrol, sebagai penyeimbang gula darah, dan sangat baik untuk sistem peredaran darah. Karena buah ini baik untuk sistem peredaran itulah maka buah naga dapat juga dikonsumsi oleh penderita anemia. Meskipun harganya dapat dikatakan lebih mahal daripada buah-buahan lainnya, namun buah naga ini memang efektif menambah sel darah merah dalam tubuh. Selain itu juga, buah naga ini mempunyai rasa asam manis yang sangat menyegarkan, yang dapat dikonsumsi sesuia selera baik dimakan langsung ataupun dijadikan jus. Membuat penderita anemia dapat mengkonsumsi buah penambah darah ini dengan hati yang senang dan tidak seperti sedang memakan obat.

sumber:  http://www.lejel.co.id/index.php/lejel-tips/tips-health/item/132-buah-penambah-darah

No comments:

Post a Comment