Thursday 20 June 2013

Tiga makanan khas Bali yang wajib Anda santap

Tiap-tiap daerah di indonesia hampir sebagian besarnya mempunyai makanan tradisional masing-masing, tak terkecuali Bali. Pulau dewata ini tidak selamanya dikenal dengan alam pemandangannya yang eksotis, namun juga dikenal dengan sajian kulinernya khas yang mengundang selera. Aneka rasa itu sudah pasti, harganya pun cukup bervariasi tergantung di mana Anda membelinya. Untuk menemukannya pun mudah karena selain disajikan di restaurant juga banyak bisa ditemukan di rumah makan sederhana, warung dan pedagang kaki lima di Bali. Di bawah ini ada tiga makanan khas bali yang wajib Anda santap jika sedang berada di Bali.

Ayam dan Bebek Betutu

bali, makanan tradisional, bebek betutu, bebek bengil, babi guling
Bebek Betutu dan Ayam Betutu adalah masakan khas daerah Gianyar pada mulanya, tetapi sekarang sudah terkenal seantero Bali. Ayam dan bebek Betutu ini dipelopori oleh Men Tempeh atau Ni Wayan Tempeh yang berasal dari Abianbase, Kota Gianyar, dengan suaminya I Nyoman Suratna yang berasal dari Bangli. Mereka berjualan sejak tahun 1976 di Terminal Lama Gilimanuk.Saat Men Tempeh sudah tiada usahanya diteruskan kemudian oleh anak-anaknya. Sedangkan para mantan karyawannya pun kemudian membuka warung makan ayam betutu lengkap dengan tulisan “Men Tempeh Asli” . Namun warung makan Ayam Betutu Men Tempeh yang benar-benar asli hanyalah yang ada di sebelah timur terminal lama Gilimanuk (dekat pelabuhan) dengan ciri khas adanya beberapa anak tangga sampai di warungnya. Pada papan namanya tertulis “Ayam Betutu Men Tempeh Asli” dan ada tambahan tulisan “tidak buka cabang.”
Memang jika ingin menyantap kuliner ini Anda harus ke Gilimanuk, namun jika Gilimanuk terlalu jauh bagi Anda, maka warung makan yang menyediakan menu ayam betutu a la Men Tempeh ada di daerah sekitar Denpasar dan Kuta. Contohnya Warung Makan Ayam Betutu Gilimanuk, yang dikelola oleh Anak Agung Oka Suci, yang pada mulanya membeli seluruh ayam betutu yang dijual di warung makannya dari Men Tempeh di Gilimanuk, namun kemudian membuatnya sendiri. Selain itu, Bebek dan Ayam Betutu juga dapat Anda jumpai di berbagai restoran yang ada di Ubud dan Denpasar menu Ayam Betutu atau Bebek Betutu banyak disediakan, namun banyak yang mensyaratkan untuk memesan satu hari sebelumnya karena proses pembuatannya agak lama.

Bebek Bengil

bali, makanan tradisional, bebek betutu, bebek bengil, babi guling
Bebek bengil alias bebek 'kotor' ini merupakan makanan khas Bali. Dalam bahasa masyarakat setempat, 'bengil' memang berarti 'kotor'. Di mana Anda dapat menyantapnya? Di Bali ada sebuah restauran yang bernama Retauran Bebek Bengil Restoran Bebek Bengil terletak di daerah Ubud tepatnya di jalan Hanoman. Nah, di restauran inilah lidah Anda seharusnya menari dengan cita rasanya.
Restoran ini pertama kali dibuka tahun 1990 sampai sekarang telah menjadi salah satu restoran terkenal di Bali karena kelezatan masakannya. Tentu saja Bebek Bengil punya ciri khas dan cita rasa yang berbeda. Restoran dengan konsep nuansa pedesaan ini mempunyai latar pemandangan hamparan sawah yang menghijau menjadikan selera makan menjadi semakin 'menggila'.
Asal kata Bebek Bengil ato Dirty Duck diawali pada tahapan konstruksi, dimana hingga proses finishing belum juga ditemukan nama yang cocok untuk resto ini. Disore hari ketika para pekerja bangunan selesai 'menyemen' lantai, datang segerombolan bebek yang penuh lumpur dari sawah dibelakang, alhasil seluruh lantai menjadi kotor dan penuh dengan tapak kaki bebek. Disinilah awal mula kenapa restoran ini di beri nama Bebek Bengil yang artinya bebek jorok/kotor. Beberapa orang terkenal telah mencoba masakan khas Bebek Bengil termasuk mantan presiden kita Megawati dan Presiden yudoyono serta beberapa artis manca negara dan tanah air.

Babi Guling

Makanan ini sangat mudah ditemukan di Bali. Babi Guling ini awalnya digunakan untuk melayani baik upacara ritual dan upacara, tetapi sekarang telah dijual sebagai hidangan daging babi guling baik di warung-warung, restoran, dan bahkan hotel tertentu di Bali.
Babi panggang di Bali disebut dengan Babi Guling adalah sejenis makanan yang terbuat dari babi betina atau jantan yang perutnya diisi dengan bumbu dan sayuran seperti daun singkong dan kemudian dipanggang sambil di putar-putar sampai matang ditandai perubahan warna kulit menjadi coklat dan renyah. Nama Babi guling untuk daerah Bali dikenal sebagai Be Guling. Sebenarnya guling dapat dibuat dari jenis daging lainnya seperti bebek dan ayam. Babi Guling yang paling terkenal berasal dari Kabupaten Gianyar.
Di Kabupaten Gianyar ada salah satu tempat yang sangat terkenal di Bali dan bahkan luar negeri yang melayani hidangan babi guling yang bernama warung Ibu Oka Gianyar. Kelezatan babi guling Ibu Oka ini sudah dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang datang mencicipi makanannya yang terletak di depan Puri Agung, Ubud, Gianyar, Bali.

No comments:

Post a Comment