Thursday 20 June 2013

VIVAlife – Enaknya itu makan kentang goreng sambil menikmati ayam goreng tepung, atau semangkuk sup dengan perkedel goreng. Pilihan mana yang paling Anda sukai? Rasa kentang yang netral membuat makanan ini selalu pas disandingkan dengan sajian apa saja.

Di Eropa, kentang lebih sering digunakan sebagai makanan pokok, berbeda dengan di Indonesia yang sering menggunakannya sebagai lauk atau sayur. Apapun olahannya, nutrisi dalam kentang tetap tidak berubah. Kentang dikenal dengan bahan pangan yang aya karbohidrat, lemak, serat, kalsium dan vitamin C.

Aneka Olahan Kentang

Mashed Potatoes


Olahan kentang ini biasanya disajikan sebagai side dish saat menikmati steak. Untuk membuatnya tidak sulit, Anda hanya cukup menhaluskan kentang kupas yang telah direbus, kemudian memasaknya dengan susu, garam dan lada. Sebagai penambah aroma, Anda dapat memberikan campuran peterseli cincang.

Baked Potatoes
Sajian ini terbilang sangat praktis. Anda tak perlu repot-repot mengupas kentang, cukup dengan mengiris  bagian tengah kentang. Untuk cita rasa yang nikmat, Anda dapat menambahkan isian pada tengah kentang sesuai dengan selera, seperti daging, ayam, sayur atau keju.Selanjutnya, bungkus kentang dengan aluminum foil dan panggang hingga matang. Hangat-hangat dinikmati dengan cocolan saus terasa semakin pas.

Potato Gratin

Adalah kentang panggang disajikan dalam kaserol. Kentang rebus setengah matang, diiris tipis-tipis, kemudian ditata dengan membentuk lapisan campuran susu, daging dan keju. Untuk bagian atasnya agar telihat cantik dan menggiurkan, Anda perlu menambahkan kocokan kuning telur dan taburan keju parut.


Roschti

Rösti, atau disebut Roschti dalam bahasa Swiss, berarti hidangan yang menggunakan kentang. Kentang yang telah dikupas dipotong tipis dengan bentuk memanjang. Selanjutnya, kendang dimasukkan ke dalam campuran susu dan mentega yang telah dicairkan. Penambahan garam dan lada saat pencampuran akan menambahkan cita rasa. Usai direndam, kentang tersebut kemudian digoreng dalam minyak panas.

Potatoes Croquettes
Namanya mungkin terlihat keren, tapi ini adalah nama lain dari kroket. Untuk membuatnya, Anda cukup menghaluskan kentang kukus dan memberinya bumbu. Bentuk lonjong kemudian panir dengan tepung roti. Siapkan minyak panas dan goreng hingga matang, sajian ini sangat pas dinikmati bersama secangkir teh di sore hari.

Sumber : Vivanews.com

No comments:

Post a Comment